Sabtu, 26 Maret 2011

Fakta-Fakta Menarik Tentang Bumi

Kita hidup di bumi yang ekstrem dan penuh dengan fenomena dan keanehan.Bumi terkenal dengn planet paling indah di jagat raya ini tapi merupakan planet yang liar, yang penuh dengan gunung berapi dan gempa bumi,serta terdapat berbagai bencana alam lainnya. pernahkah anda terbayang, gempa terbesar di dunia,air terjun tertimggi di dunia dan tempat  terpanas,tergersang dan terdingin di dunia.

Tempat terpanas di bumi ??
mungkin anda akan menebak Death Valley di California. mungkin benar untuk beberapa waktu yang lalu.Tapi El Azizia di Libya tercatat mencapai suhu 136 derajat farenheit (57,8 derajat celcius)pada 13 september 1922. suhu terpanas yang pernah diukur.di Death Valley suhunya tercatat 134 derajat fahrenheit pada 10 juli 1913. 


Tempat Terdingin di Bumi?
temperatur terendah yang pernah diukur di bumi adalah -129 derajat fahrenheit (-89 derajat celcius) di VOSTOK Antartica pada 21 Juli 1983. 






gunung berapi apa yang terbesar di bumi??
Gunung Mauna Loa di Hawaii menyandang gelar itu di bumi.berdiri dangan ketinggian lebih dari 50.000 kaki (9.5 miles atau 15,2 kilometer) dari dasarnya, yang berada di dasar lautan.Tetapi record itu berubah.Gunung Olympus di Planet Mars menjulang 16 miles (26 kilometer) di atas langit Mars dan dasarnya hampir seluas negara bagian Arizona. 
gunung berapi apa yang tertinggi di bumi??
tertinggi di bumi adalah Mount Everest di bagian Nepal-Tibet pegunungan Himalaya mencapai tinggi sekitar 29.035 feet ( hapir 9 kilometer) di atas permukaan laut. Tingginya kemudian direvisi lebih tinggi 7 feet berdasarkan pengukuran melalui GPS satelit pada tahun 1999.

Tempat apakah yang ter gersang di bumi??
sebuah tempat bernama Arica di Chile, hanya memiliki curah hujan sebesar 0.76 milimeter per tahun. dengan tingkat seperti itu akan membutuhkan 1 abad untuk
 mengisi 1 cangkir kopi 



Sungai Apakah yang terpanjang di bumi??Sungai Nil di Africa membentang 4.160 miles atau 6.695 kilometer.






Dimanakah titik daratan terendah di bumi?
Pantai Laut Mati di Timur tengah sekitar 1300 feet atau 400 meter di bawah permukaan laut.yang kedua Bad Water di Death Valley, California hanya 282 feet di bawah permukaan laut.  







Sekian posting tentang fakta-fakta menarik tentang bumi semoga dapat berguna dan bermanfaat dan menambah wawasan kita.di tunggu koment-koment nya ya? 
sumber: Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar